Pramuka

Kegiatan kepramukaan telah diakui menjadi salah satu ajang untuk melatih kedisplinan dan sosialisasi nilai-nilai kemanusiaan (humanisme). Kegiatan Pramuka juga telah dikenal sebagai salah satu kegiatan yang mengajarkan orang untuk lebih mencintai alam dan lingkungan hidup.

Penanaman nilai-nilai kemanusiaan di era yang semakin mengglobal menjadi waijb hukumnya, agar anak-anak juga lebih memiliki kepekaan hidup serta mencintai sesama dan lingkungan.

Melalui kegiatan Pramuka, anak-anak dilatih untuk mencintai sesama dan lingkungan, selain tentunya memupuk rasa nasionalisme. Kegiatan Pramuka yang digelar di SD Negeri Dungun 1 digelar satu kali dalam satu pekan (tiap Jumat) dan ekstrakulikuler Pramukan merupakan kegiatan yang wajib diikuti siswa/siswi kelas III-V.

Di bawah bimbingan A.Yasir, ekstrakulikuler Pramuka SD Negeri Dungun 1 tidak hanya monoton dilakukan di sekolahan. Namun, ada kalanya siswa/siswi diajak untuk berpetualang dan mengikuti kegiatan luar lainnya, seperti perkemahan sabtu minggu (Persami) dan juga melaksanakan kegiatan bakti sosial sebagai bentuk kepedulian bersama dengan sukarela, misalnya dengan membersihkan sekolah dan mengunjungi orang-orang yang kurang mampu disekitar sekolah. Hal ini diharapkan dapat membina akhlak mulia sejak dini. Kegiatan-kegiatan yang diikuti siswa/siswi dalam Kepramukaan, tidak hanya dimaksudkan untuk melatih kedisiplinan, namun juga kemandirian dan kerjasama dengan orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar