UASBN

TRIK MENGHADAPI UASBN

  1. Berpikir Positif (PositiveThinking)
    Untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi, kata kunci yang harus kamu pegang adalah "Berpikir positif mulai daridiri sendiri". Selalulah berpikir bahwa kamu pandai, bahwa kamu akan sukses ujian dengan nilai yang sangat baik, bahwa kamu adalah sang juara yang memiliki kemampuan luar biasa. Inilah modal utama sebuah kesuksesan.

  2. Pupuk Semangat Optimisme
    Kegagalan dalam ujian jangan dijadikan momok. Cobalah belajar dengan tekun, teratur dan disiplin. Jangan takut gagal dalam mencoba, jangan takut salah dalam belajar. Kalau gagal atau salah dalam belajar, coba lagi dengan cara yang lain.

  3. Bangkitkan Motivasi Belajar
    Mendapatkan nilai yang tinggi dalam UASBN/UNAS 2009 dan diterima di sekolah favorit adalah target belajarmu.
    Jadikanlah target belajarmu ini menjadi tantangan bagimu dan kamu harus mampu menghadapi tantangan tersebut. Jadikan tantangan tersebut sebagai motivasi belajarmu, kamu harus berani yakin bahwa kamu bisa,bahwa kamu adalah sang juara.

  4. Bermental Juara
    Kalau kamu ingin menjadi juara, kamu harus memiliki kebiasaan sebagai seorang juara. Sukses harus diperjuangkan, dan dalam perjuangan butuh kesungguhan.

  5. Pelajari Karakter Soal-Soal UASBN/UNAS periode sebelumnya.
    Rujukan untuk menyusun soal-soal UASBN/UNAS adalah Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Untuk menyusun soal-soal UASBN/UNAS, Ust/Usth pasti sudah mempersiapkan kisi-kisi ujian sebelumnya.

  6. Banyak Berlatih Mengerjakan Latihan Soal
    Persiapan kamu menghadapi UASBN/UNAS akan semakin efektif apabila kamu banyak latihan mengerjakan soal-soal yang bertipologi seperti UASBN/UNAS. Banyak latihan mengerjakan soal akan membiasakan kamu dengan bentuk-bentuk soal yang akan keluar dalam ujian.

  7. Cari Pendamping Belajar Berpengalaman dan Kompeten
    Metode belajarmu akan semakin efektif apabila kamu memiliki pendamping belajar yang dapat dijadikan sebagai mitra belajar untuk memecahkan persoalan-persoalan psikologis dan akademis.

  8. Tips dan Trik Menghadapi Ujian
    Tujuan akhir dari langkah Smart Sukses UASBN/UNAS adalah sukses menghadapi ujian dengan nilai sangat memuaskan.

Berikut ini adalah Tips dan Trik menghadapi Ujian:

  • Persiapan Menjelang Ujian :

  1. Pada saat menjelang ujian berpikirlah yang rileks, tenang dan jernih untuk menghindari kecemasan dan ketegangan.

  2. Jaga kesehatan dan persiapkanlah fisik kamu dengan makan yang cukup agar kamu dapat konsentrasi.

  3. Persiapkanlah pensil, penghapus dan segala peralatan yang dibutuhkan untuk ujian dengan baik.

  4. Datanglah ke ruang ujian 15 menit sebelum ujian dimulai.

  • Saat Proses Ujian Berlangsung :

  1. Berdo'alah sebelum membuka naskah soal ujian, karena segala kekuatan dan keberhasilan semata-mata datang dari sang pencipta.

  2. Tulislah nama dan nomor ujian kamu dengan jelas pada kolom yang telah disediakan pada lembar jawaban.

  3. Periksalah semua halaman naskah ujian dan bacalah petunjuk dengan teliti.

  4. Bacalah soal-soal ujian dengan seksama dan pahami betul apa inti persoalan yang ditanyakan. Kerjakan soal-soal yang lebih mudah terlebih dahulu.

  5. Terapkan strategi Smart (cermat, cerdas dan cepat) dalam menjawab soal-soal ujian agar alokasi waktu yang disediakan dapat dimanfaatkan secara optimal.

  6. Pindahkan jawaban kamu pada lembar jawaban secara bertahap untuk soal-soal yang telah berhasil dikerjakan dengan baik.

  7. Apabila kamu dapat menyelesaikan seluruh soal ujian sebelum waktu habis, maka pergunakan waktu yang tersisa untuk memeriksa kembali jawaban-jawaban yang sudah ditulis.

  8. Periksa kembali nama dan nomor ujian kamu sebelum lembar jawaban diserahkan kepada panitia ujian.



Profile SDN Dungun 1

Tujuan

Tujuan Sekolah

1. Meningkatkan dasar-dasar prilaku berbudi luhur dan akhlaqul kharimah

2. Meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik.

3. Meningkatkan rasa kemandirian dan rasa tanggung jawabpada diri siswa.

Mempersiapkan anak dalam dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan yaitu SLTP

Profil Guru

Profil guru dapat dilihat dan download, disini

Profil Kelas

Profil kelas dapat dilihat disini

Pra KBM dan KBM

Pra KBM

Pra KBM ini dilaksanakan sebelum jam pelajaran dimulai yaitu pada jam 06.45 – 07.00 WIB. Adapun jadwal Pra KBM adalah sebagai berikut :

NO

HARI

JENIS KEGIATAN

KOORDINATOR

1

Senin

Upacara

Semua Guru

2

Selasa

Senam Pagi

P.Puji & B.Titik

3

Rabu

Kerja Bakti

B. Tri & P.Yasir

4

Kamis

Menyanyi Lagu Wajib

B.Wiwik & P.Saifud

5

Jum’at

Baca Ayat-ayat Pendek

P.Thamrin & B.Fitri

6

Sabtu

Senam Pagi

P.Puji & B.Diyan

KBM

Kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan sistem PAKEM yang mana bertumpu pada siswa bukan pada guru, dengan kata lauin yang aktif adalah siswa. Dengan siswa aktif maka akan tercipta suatu pengalaman baru, dan pengalaman itu tidak akan terlupakan.

RPP

Untuk Mengetahui masing-masing RPP silahkan klik RPP IPA , RPP B. Indonesia , RPP Matematika , RPP IPS

PROMES

Untuk Program Semester Dapat di download disini

PAI

1. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

A. Latar Belakang

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:

  1. lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
  2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
  3. memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.

Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.

Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.

B. Tujuan

Pendidikan Agama Islam di SD/MI bertujuan untuk:

1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;

2. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Al-Qur’an dan Hadits
  2. Aqidah
  3. Akhlak
  4. Fiqih
  5. Tarikh dan Kebudayaan Islam

Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

D. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar

Kelas I, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an


1. Menghafal Al Qur’an surat pendek pilihan

1.1 Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar

1.2 Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar

Aqidah


2. Mengenal Rukun Iman

2.1 Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya

2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman

2.3 Menghafal enam Rukun Iman

Ahlak


3. Membiasakan perilaku terpuji

3.1 Membiasakan perilaku jujur

3.2 Membiasakan perilaku bertanggung jawab

3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih

3.4 Membiasakan perilaku disiplin

Fiqih


4. Mengenal tatacara bersuci (thaharah)

4.1 Menyebutkan pengertian bersuci

4.2 Mencontoh tatacara bersuci

5. Mengenal Rukun Islam

5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam

5.2 Menghafal Rukun Islam

Kelas I, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an


6. Menghafal Al Qur’an surat-surat pendek pilihan

6.1 Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar

6.2 Menghafal QS An-Nashr dengan lancar

6.3 Menghafal QS Al-‘Ashr dengan lancar

Aqidah

7. Mengenal dua kalimat syahadat

7.1 Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul

7.2 Menghafal dua kalimat syahadat

7.3 Mengartikan dua kalimat syahadat

Akhlak

8. Membiasakan perilaku terpuji

8.1 Menampilkan perilaku rajin

8.2 Menampilkan perilaku tolong-menolong

8.3 Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua

8.4 Menampilkan adab makan dan minum

8.5 Menampilkan adab belajar

Fiqih

9. Membiasakan bersuci (thaharah)

9.1 Menyebutkan tata cara berwudlu

9.2 Mempraktekkan tata cara berwudlu

Kelas II, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

1. Menghafal Al Qur’an

1.1 Mengenal huruf Hijaiyah

1.2 Mengenal tanda baca (harakat)

Aqidah

2. Mengenal Asmaul Husna

2.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna

2.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna

Akhlak

3. Mencontoh perilaku terpuji


3.1 Menampilkan perilaku rendah hati

3.2 Menampilkan perilaku hidup sederhana

3.3 Menampilkan adab buang air besar dan kecil

Fiqih

4. Mengenal tatacara wudhu


4.1 Membiasakan wudhu dengan tertib

4.2 Membaca do’a setelah berwudlu

5. Menghafal bacaan shalat

5.1 Melafalkan bacaan shalat

5.2 Menghafal bacaan shalat

Kelas II, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

6. Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan


6.1 Membaca huruf hijaiyah bersambung

6.2 Menulis huruf hijaiyah bersambung

Aqidah

7. Mengenal Asmaul Husna

7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna

7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna

Akhlak

8. Membiasakan perilaku terpuji


8.1 Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada guru

8.2 Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga

Fiqih

9. Membiasakan shalat secara tertib


9.1 Mencontoh gerakan shalat

9.2 Mempraktekkan shalat secara tertib

Kelas III, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

1. Mengenal kalimat dalam Al Qur’an


1.1 Membaca kalimat dalam Al Qur’an

1.2 Menulis kalimat dalam Al Qur’an

Aqidah

2. Mengenal sifat wajib Allah

2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah

2.2 Mengartikan lima sifat wajib Allah

Akhlak

3. Membiasakan perilaku terpuji


3.1 Menampilkan perilaku percaya diri

3.2 Menampilkan perilaku tekun

3.3 Menampilkan perilaku hemat

Fiqih

4. Melaksanakan shalat dengan tertib


1.1 Menghafal bacaan shalat

1.2 Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan shalat

Kelas III, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

5. Mengenal ayat-ayat Al Qur’an


5.1 Membaca huruf Al Qur’an

5.2 Menulis huruf Al Qur’an

Aqidah

6. Mengenal sifat mustahil Allah

6.1 Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT

6.2 Mengartikan sifat mustahil Allah SWT

Akhlak

7. Membiasakan perilaku terpuji


7.1 Menampilkan perilaku setia kawan

7.2 Menampilkan perilaku kerja keras

7.3 Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan

7.4 Menampilkan perilaku penyayang terhadap lingkungan

Fiqih

8. Melakukan shalat fardhu


8.1 Menyebutkan shalat fardhu

8.2 Mempraktikkan shalat fardhu

Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

1. Membaca surat-surat Al Qur’an


1.1 Membaca QS Al-Fatihah dengan lancar

1.2 Membaca QS Al-Ikhlas dengan lancar

Aqidah

2. Mengenal sifat jaiz Allah SWT


2.1 Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT

2.2 Mengartikan sifat jaiz Allah SWT

Tarikh

3. Menceritakan kisah Nabi


3.1 Menceritakan kisah Nabi Adam AS

3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW

3.3 Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

Akhlak

4. Membiasakan perilaku terpuji


4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS

4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

Fiqih

5. Mengenal ketentuan-ketentuan shalat


5.1 Menyebutkan rukun shalat

5.2 Menyebutkan sunnat shalat

5.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat

5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat

Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

6. Membaca surat-surat Al Qur’an


6.1 Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar

6.2 Membaca QS An-Nashr dengan lancar

6.3 Membaca QS Al-‘Ashr dengan lancar

Aqidah

7. Mengenal Malaikat dan tugasnya


7.1 Menjelaskan pengertian Malaikat

7.2 Menyebutkan nama-nama Malaikat

7.3 Menyebutkan tugas-tugas Malaikat

Tarikh

8. Menceritakan kisah Nabi


8.1 Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS

8.2 Menceritakan kisah Nabi Ismail AS

Akhlak

9. Membiasakan perilaku terpuji


9.1 Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS

9.2 Meneladani Nabi Ismail AS

Fiqih

10. Melaksanakan dzikir dan do’a


10.1 Melakukan dzikir setelah shalat

10.2 Membaca do’a setelah shalat

Kelas V, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

1. Mengartikan Al Qur’an surat pendek pilihan


1.1 Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun

1.2 Mengartikan QS Al-Lahab dan Al-Kafirun

Aqidah

2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT


2.1 Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT

2.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT

2.3 Menjelaskan Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir

Tarikh

3. Menceritakan kisah Nabi


3.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS

3.2 Menceritakan kisah Nabi Musa AS

3.3 Menceritakan kisah Nabi Isa AS

Akhlak

4. Membiasakan perilaku terpuji


4.1 Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS

4.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS

4.3 Meneladani perilaku Nabi Isa AS

Fiqih

5. Mengumandangkan adzan dan iqamah


5.1 Melafalkan lafal adzan dan iqamah

5.2 Mengumandangkan adzan dan iqamah

Kelas V, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

6. Mengartikan Al Quran Surat pendek pilihan


6.1 Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil

6.2 Mengartikan QS Al-Maun dan Al-Fiil

Aqidah

7. Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT


7.1 Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT

7.2 Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul

7.3 Membedakan Nabi dan Rasul

Tarikh

8. Menceritakan kisah Sahabat Nabi


8.1 Menceritakan kisah Khalifah Abubakar RA

8.2 Menceritakan kisah Umar bin Khattab RA

Akhlak

9. Membiasakan perilaku terpuji


9.1 Meneladani perilaku Khalifah Abubakar RA

9.2 Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA

Fiqih

10. Mengenal puasa wajib


10.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan

10.2 Menyebutkan hikmah puasa

Kelas VI, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

1. Mengartikan Al Qur’an Surat pendek pilihan


1.1 Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5

1.2 Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5

Aqidah

2. Meyakini adanya Hari Akhir


2.1 Menyebutkan nama-nama Hari Akhir

2.2 Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir

Tarikh

3. Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kadzab


3.1 Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal

3.2 Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzab

Akhlak

4. Menghindari perilaku tercela


4.1 Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal

4.2 Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab

Fiqih

5. Mengenal ibadah pada bulan Ramadhan


5.1 Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan

5.2 Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an

Kelas VI, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

6. MengartikanAl Quran Ayat-ayat pilihan


6.1 Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13

6.2 Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13

Aqidah

7. Meyakini adanya Qadha dan Qadar


7.1 Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar

7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar

Tarikh

8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Anshar


8.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin

8.2 Menceritakan perjuangan kaum Anshar

Akhlak

9. Membiasakan perilaku terpuji


9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik

9.2 Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik

Fiqih

10. Mengetahui kewajiban zakat


10.1 Menyebutkan macam-macam zakat

10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah

E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh Departemen Agama.